Close

December 7, 2016

10 Tips ini Dapat Mengurangi Stress Saat Mendidik Anak

pondok pesantren modern luqman al hakim islamic boarding and full day school

Tugas orang tua dalam mendidik anak memang bukanlah tugas yang ringan. Apa yang orang tua ajarkanlah yang kemudian menjadi cerminan perilaku anak. Sangat penting bagi orang tua untuk dapat menjaga bahkan mengendalikan beberapa perilakunya yang berpotensi memberikan contoh yang buruk pada anak. Dibawah ini adalah solusi mendidik anak yang sangat memabantu para orang tua :

  1. Sadarilah bahwa seseorang yang melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, apalagi terhadap anak kecil yang belum mampu mengendalikan diri dan belum mampu apa yang ia lakukan.
  2. Bekerjasamalah dengan pasangan anda. Ketika merasa ingin marah dan membentak, cobalah beberapa saat keluar ruangan dan meminta pasangan untuk menggantikan mengasuh anak.
  3. Jangan ragu untuk mengatakan pada anak bahwa anda sedang marah dan anda tidak menyukai perbuatannya itu. Dengan komunikasi dua arah seperti ini, biasanya anak akan lebih mengerti.
  4. Jangan marah terlalu lama, karena hal itu tidak baik. Lebih baik jelaskan pada anak bahwa anda tidak suka jika harus memarahinya untuk tiap kesalahan yang diperbuat.
  5. Misalkan anda memang tidak bisa menahan amarah, setidaknya jangan lakukan itu di tempat umum. Hal itu bisa membuat anda dan anak malu karena menjadi tontonan orang banyak.
  6. Daripada marah, lebih baik Tanya anak anda apa yang sebenarnya ia inginkan. Bantu ia untuk menjelaskan keinginannya dan beritahu cara melakukannya dengan benar.
  7. Coba untuk mengurangi kebiasaan marah melalui hal-hal lain. Contohnya seperti meditasi atau ikut kelas yoga, dan kegiatan lain yang dapat membantu anda lebih mengontrol emosi.
  8. Lebih baik coba untuk mengajak anak bermain. Biasanya seorang ibu kana luluh emosinya ketika melihat anaknya tertawa dan merasa bahagia.
  9. Perbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan beribadah akan membuat hati tenang saat menghadapi perilaku anak.
  10. Ingatlah bahwa terlalu sering marah bisa berdampak buruk. Orang tua yang sering bereaksi di luar cenderung memiliki anak mudah emosi juga karena meniru orang tuanya.

Sumber : www.psikoma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *