Close

December 2, 2016

Bagaimana Cara Biar Anak Semangat Belajar

Orang tua kerap kali dihadapkan pada kondisi anak yang malas belajar. Hal ini banyak sebabnya, bisa karena ia memiliki masalah akan pelajaran, tidak mengerti nilai penting belajar atau bahkan berkurangnya minat belajar. Berikut adalah tips membangun semangat belajar pada anak :

  1. Cita-cita
    Tankamkan pada anak-anak apa cita-cita yang ia inginkan, kemudian tanamkan padanya bahwa apapun cita-citanya akan dapat terwujud jika ia rajin belajar
  1. Liburan
    Sesekali ajaklah anak anada untuk refreshing saat sedang libur. Ini akan membantu menyegarkan kembali pikiran setelah sekian lama belajar.
  1. Motivasi
    Anda bisa membangun motivasi belajar anak dengan bercerita. Ceritakan kisah mengenai orang sukses atau kisah-kisah lain yang mengandung hikmah bertemakan kerja keras.
  1. Komunikasi
    Buat kesepakatan dengan anak kapan dan berapa lama ia harus belajar. Berikan kesempatan untuk beristirahat dan yang paling penting adalah jangan terlalu memforsir
  1. Kesehatan
    Berikan makanan yang bergizi serta jaga agar ia selalu sehat. Dengan tubuh yang sehat, kegiatan belajar akan lancar dan lebih maksimal.
  1. Kebiasaan
    Jadikan kegiatan belajar sebagai kebiasaan atau rutinitas bagi anak. Tapi jangan sampai anda terlalu memaksakan anak untuk belajar terus menerus.
  1. Hadiah
    Selain itu, anda juga bisa memberikan hadiah kecil ketika ia meraih hasil yang positif di sekolah. Dengan begitu ia akan termotvasi untuk lebih baik lagi di kesempatan selanjutnya.
  1. Pujian
    Berikan pujian tiap ia berhasil mendapatkan kemajuan dalam belajarnya. Ini akan membuatnya untuk lebih semangat belajar.
  1. Fasilitas
    Siapkan berbagai kebutuhan anak untuk menunjang aktifitas belajarnya. Berikan ia buku-buku bacaan serta alat-alat tulis yang dapat membantunya belajar.
  1. Suasana
    Saat mendapat berita mengenai sesuatu, orang kritis akan berusaha mencari sumber lain mengenai informasi tersebut. Tujuannya untuk menghindari hoax.

 

Sumber : www.psikoma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *