Close

Full Day Education merupakan system pendidikan yang menerapkan kegiatan pendidikan yang dilaksanakan mulai pagi hingga sore hari. Program full day adalah program pendidikan yang bermitra dengan orang tua dalam aktifitas kesehariannya. Dengan program full da orang tua memiliki peranannya langsung di luar waktu pendidikan di pesantren.

Kerjasama antara orang tua dengan pihak pesantren dalam membangun kultur pendidikan menjadi syarat proses pendidikan full day. Pembiasaan ibadah sholat berjamaah di masjid, doa dzikir, tadabur al quran di masjid, pembelajaran di sekolah serta berakhlaqul karimah di pesantren maupun aktifitas di rumah merupakan pembiasaan yang dikondisikan secara bersama sama oleh pihak orang tua maupun pesantren.

Dengan demikian pembentukan karakter taqwa, cerdas dan terampil tetap terbangun dalam diri anak.

Dari pihak pesantren, santri  full day education diharapkan mampu membawa pola perilaku yang sudah diterapkan oleh sekolah untuk dijadikan kebiasaan yang melekat pada diri santri di bawa sampai dalam lingkungan keluarga dan dalam pergaulan antar teman. Sehingga santri memiliki hujjah yang kuat serta visi berislam yang sudah tertanam yang melekat kokoh.

Belajar di India dengan di Indonesia bagi saya sangat berbeda. Tapi saya merasakan berbeda dari sisi ibadah. Saya masuk program full day, dengan durasi waktu yang tidak panjang dan porsi pembelajaran yang banyak di akademik, tapi sekolah juga memberikan muatan ibadah yang tinggi. Saya harus menghafal dan sholat tepat waktu. Di Luqman al Hakim, dunia dan akhirat saya dapatkan – Salman Alam