Close

December 8, 2016

Robot Inem, Robot Pembersih Meja

Beberapa siswa tampak sibuk mengutak atik seperangkat benda elektronik. Membolak balik sembari meneliti dengan seksama karena merasa ada yang kurang. Salah satu anak memegang solder yang berguna mengaitkan kabel dengan piranti elektronik lainnya. Sesekali bergumam, “Kok belum berhasil ya,” tukas salah seorang santri.

Ya paragraf di atas bukanlah kegiatan bapak tukang service televisi atau radio. Namun kegiatan santri SMP Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya dalam program ekstrakurikuler Robotika. “Alhamdulillah sudah menghasilkan satu karya Robot. Robot Pembersih Meja,” kata Ibadurahman, guru koordinator ekstrakurikule SMP SMA Luqman al Hakim.

Kata Ibad, ide pembuatan robot ini spontan saja. Tapi yang mengesankan kegiatan ekstra Robotika belum satu tahun, sudah menghasilkan karya. “Alhamdulillah kemarin kita bawa ke pameran pendidikan tingkat kota Surabaya,” tuturnya.

Menurut Insan Mustofa, Kepala Bagian Pusat Data PSB SMP SMA Luqman al Hakim yang sedang menjaga stand pameran, animo pengunjung cukup baik dengan robotika yang sengaja di bawa ke area pameran. “Beberapa bertanya tentang robot pembersih meja tentang fungsi dan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan robot,” pungkas Insan.

Rep : Insan Mustofa

Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *