Cerdas Memilih Sekolah – 2

3. Peringkat dan Reputasi Sekolah

Maksudnya adalah para orang tua wajib melihat peringkat atau katagori sekolah yang akan menjadi pilihanya. Apakah sekolah tersebut termasuk dalam sekolah sekolah unggulan dan favorit atau hanya sekolah biasa. Hal ini bisa dilihat dari prestasi prestasi yang telah diraih sekolah tersebut baik dalam aspek akademik maupun lainnya. Kemudian kita lihat juga reputasi sekolahnya, apakah track recordnya baik dan seperti apa “ nama” sekolah tersebut di dunia pendidikan dan masyarakat secara umum.

4. Ekstra Kulikuler

Keberadaan ektra kulikuler menjadi aspek penentu juga dalam mengkatagorikan sebuah lembaga pendidikan, apakah sekolah tersebut masuk dalam kreterian unggulan atau tidak. Ektra kulikuler ini menjadi penting karena kebutuhan peserta didik tidak hanya dalam aspek akademik semata. Namun minat dan bakat juga perlu disalurkan dan dikembangkan lewat rangkain proses pembelajaran di sekolah. Dimana wadah penyaluran minat dan bakat itu adanya di ektra kulikuler.

Tetapi perlu dipastikan juga terkait keaktifan dari ektra kulikuler yang ada. Jangan sampai ekstra kulikuler hanya tercantum di lembar brusur semata sedang realitanya tidak berjalan. Untuk mengetahui keaktifan kegiatan ekstra kulikuler biasanya dengan melihat jadwal, dokumentasi terakhir dan pencapaian prestasi dari masing masing ektra yang ada.

5. Fasilitas dan Lingkungan Sekolah

Disamping mempertimbangkan aspek pokok sebagaimana disebutkan di poin sebelumnya, aspek pendukung yang tidak kalah penting dalam menentukan sekolah itu termasuk unggul atau tidak adalah kondisi fasilitas dan lingkungan dimana lembaga pendidikan tersebut berada. Kenapa hal ini penting, tidak lain karena dengan fasilitas dan lingkungan yang mendukung maka akan membuat proses pembelajaran siswa menjadi tenang dan menyenangkan. Sehinga para siswa bisa merasakan betah dan nyaman saat di sekolah. Lebih lebih lingkungan sekolah bisa dijadikan sebagai media untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari saat pembelajaran di kelas.

6. Aspek Pembiayaannya

Perlu kita tahu bahwa tidak semua sekolah yang berbiaya mahal itu menjamin sekolah tersebut berkwalitas dan unggul. Begitu juga sebaliknya, belum tentu sekolah yang dari segi pembiayaan tergolong biasa biasa saja atau murah pasti kwalitasnya buruk. Hendaknya kita harus lebih jeli dan benar benar memahami secara seksama tentang aspek pembiayaan ini. Para orang tua juga dianjurkan untuk mengukur kemampuan keuangan keluarga dalam mencarikan sekolah anaknya. Kecuali memang dapat jalur khusus seperti beasiswa, prestasi bakat dan semisalnya.

Faktor biaya memang biasanya menjadi pertimbangan tersendiri bagi para orang tua, namun kitapun perlu logis dan bijak dalam mensikapinya. Karena untuk sebuah prestasi dan kesuksesan, lebih lebih masalah pendidikan- yang merupakan investasi masa depan anak- pasti ada perjuangan dan “harga” yang harus kita keluarkan.

Dari beberapa faktor tersebut, ada beberapa prioritas untuk kita jadikan sebagai pertimbangan pertama. Setiap sekolah bisa jadi memiliki keungulan masing masing. Seperti unggul dibidang sainsnya, unggul dibidang ekstranya, ada juga yang unggul diaspek fasilitasnya dan lain sebagianya. Tetapi aspek terpenting untuk kita menentukan kwalitas sekolah yaitu dilihat dari kurikulum dan kwalitas tenaga pengajarnya.

Satu tips mudah untuk melihat kwalitas sebuah sekolah adalah dengan memperhatikan saat pertama kali pihak sekolah menjelaskan dan mempresentasikan sekolahnya. Apakah mereka lebih banyak menyampaikan prestasi yang berorintasi dunia. Atau ada juga penguatan dan keseriusan mereka dalam pembinaaan nilai nilai yang berorientasi akhirat.

Oleh : Alim Puspianto, M.Kom (Dosen STAI Luqman Al Hakim Surabaya)
 
Informasi Pendaftaran Santri Baru

SMP SMA Luqman Al-Hakim Surabaya
Silahakan Whatsapp ke Admin
📱+62857-4016-5374
atau klik link pendaftaran online berikut http://luqmanalhakim.com
Pingin kenal lebih dekat dengan kami… ?
Yuk Follow Akun media sosial kami…
Website : www.luqmanalhakim.com
FB : Luqman al hakim islamic boarding & full day school
Instagram: @luqmanalhakim.ibfs
Youtube : Luqman al Hakim Channel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *