30 Juz : SMP Luqman al Hakim Surabaya, SMP Boarding School di Tengah Ibukota Jawa Timur

Surabaya bisa tidak hanya dibilang sebagai kota industri. Namun Surabaya juga tepat jika disebut sebagai kota pendidikan. Bagaimana tidak, puluhan sekolah swasta terbaik di Surabaya sudah menggaung namanya bahkan sampai orang luar Surabaya, rela bersekoah di Surabaya.

Sebut saja, Al Hikmah, Khadijah, Muhammadiyah. Juga SMP Luqman al Hakim Boarding Surabaya. Salah satu sekolah swasta di Surabaya yang sejak tahun 1994 memiliki program berbeda dari umumnya sekolah swasta di Surabaya.

SMP Luqman al Hakim Boarding School Surabaya

Banyak orang menyebut SMP Luqman al Hakim dengan menyebut SMP Hidayatullah. Tidak salah, karena sekolah ini berada dibawah payung ormas Hidayatulah.

Sejak tahun 1994 sudah membuat terobosan membuat model sekolah boarding school. Kala itu istilah boarding school di Surabaya dan sekitarnya masih sangat jarang didengar. Yang lebih dikenal sebutan pondok pesantren atau sekolah berasrama.

Lama menawarkan program boarding school, SMP Luqman al Hakim kemudian membuka program baru full day school. Untuk full day school, masyarakat Surabaya sudah sangat familiar. Karena hampir sekolah swasta Islam di Surabaya menerapkan model belajar full day school.

Sampai hari ini, terhitung program yang ditawarkan SMP Luqman al Hakim boarding school setidaknya ada 3. Yakni full day school putra dan putri, boarding school regular, dan program tahfidz 30 juz.

Belajar Bersama Syeikh dari Yaman

Tidak banyak sekolah di Surabaya yang mendatangka guru langsung dari luar negeri. Adapun biasanya dominan sekolah ekspatriat. Sekolah swasta Islam masih belum banyak. Apalagi guru yang focus pada penguasaan al Quran. Di SMP Luqman al Hakim sudah menjadi program lama.

Mendatangkan syeikh dari Yaman adalah program unggulan dari SMP Luqman al Hakim Surabaya. Khusus program tahfidz 30 juz, di SMP Luqman al Hakim pembelajaran al Quran dibimbing langsung seorang syeikh dari Timur Tengah yang sudah bersanad.

Tidak hanya al Quran, di program tahfidz 30 juz, santri juga mendapatkan pembelajaran Bahasa Arab secara aktif. Sehingga komunikasi sehari hari, santri tahfdz 30 juz aktif menggunakan Bahasa Arab.

Dan menariknya, model kunjungan santri di SMP Luqman al Hakim Boarding School Surabaya, beda dari yang lain. Bagaimana bedanya? Silakan klik tombol whatsapp otomatis. Silakan tanyakan tentang model kunjungan santri di pondok pesantren di Surabaya ini. Insha Allah akan menjawab dengan hati.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *