SMP Pi LH : Menjalankan Tugas Dakwah Dengan Medsos

Alhamdulillah kegiatan akademik semester genap TA 2019/2020 sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan Belajar Mengajar sudah selesai, PAT online baru saja usai pada hari kamis lalu. Dan anak-anak gadis kami pada akhirnya bisa menjalankan ibadah puasa tahun ini dengan tenang, damai dan santai.

Tapi benarkah mereka bisa santai?

Kalau kita mengutip ungkapan salah satu Kakak kita disini, “Ustadzah-ustadzah ini terlali kreatif dan cerdas dalam memberi tugas muridnya,” sepertinya keinginan itu tidak sepenuhnya bisa tercapai. Karena sambil menjalani libur lebaran, masih ada sedikit ‘amanah’ yang harus dijalankan oleh semua santriwati.

Apakah amanah itu? Tak lain dan tak bukan amanah itu adalah menjalankan tugas dakwah.

Dalam kondisi normal, tugas dakwah dilakukan dengan cara berkunjung ke sekolah, mushola maupun TPQ, dan kakak-kakak mengajar di sana. Beberapa mengajar baca tulis Al Qur’an, ├áda yang ceramah soal hal-hal aktual permasalahan remaja pada umumnya (yang disampaikan dengan sangat kreatif pakai laptop dan program power point), beberapa bahkan dengan sukarela membersihkan mushola: mengepel lantai, mencuci kaca jendela, dan menyikat kamar mandi.

Tapi kali ini tugas dakwah harus dilakukan tanpa disertai dengan pengumpulan massa berkaitan dengan wabah virus corona yang sudah menelan banyak nyawa. Dan karena terbatasnya mobilitas kita semua, tugas dakwah ini hanya bisa dilakukan melalui media sosial saja.

Ini adalah saat terbaik untuk memberikan contoh posting secara positif di medsos masing-masing. Ini juga salah satu cara kami mengedukasi anak-anak bagaimana secara bijak menggunakan jari dan gadget kita. Sehingga postingan kita di WA, IG dan FB tak melulu soal curhat dan hasil foto selfie. Jika dibiasakan, postingan-postingan positif anak-anak kita bisa membawa pengaruh positif pula bagi followernya. Tinggal kita membangun kebiasaan dan kemampuan menulis dan membuat desain saja.

Adapun target yang ingin dicapai dari tugas dakwah tersebut adalah :

1. Santri mampu berdakwah aktif dalam setiap kesempatan dan kondisi

2. Salah satu point dalam profile output SMP Pi

3. Menjadi seorang muslimah yang tangguh mampu berakar ma’ruf nahi Munkar di dunia nyata maupun Maya, mengingat zaman sekarang adalah zaman milenial

4. Santri mampu menggunakan medsos yang dimiliki untuk menebar kebaikan

berikut adalah dokumentasinya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *